Teknik tata rias estetika "awal" untuk memerangi penuaan kulit wajah

memudarnya kulit awet muda

Siapa di antara kita yang tidak pernah bermimpi untuk menciptakan "ramuan awet muda"? Lagi pula, bahkan wanita berusia 35 tahun yang paling spektakuler dan terawat pun sudah memiliki kerutan di dekat matanya dan kerutan pertama di dahinya! Dan betapapun mendukungnya alam, cepat atau lambat Anda memikirkan bagaimana cara memperlambat proses penuaan kulit wajah dan mengembalikan masa muda Anda. Meskipun penuaan kulit pada manusia bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu proses alami, namun kita berhak melakukan pencegahan penuaan dini (dini) pada kulit wajah. Mari kita coba mencari tahu bagaimana, mengapa dan kapan kulit menua, bacalah di artikel kami.

Tanda-tanda perubahan kulit terkait usia

Sayangnya, setiap tahun yang Anda jalani tidak hanya meninggalkan bekas di ingatan Anda, tetapi juga di wajah Anda. Penanda khas kulit dewasa yang membutuhkan perawatan anti penuaan adalah:

  • Kekeringan dan pengelupasan: selama bertahun-tahun, kulit menjadi dehidrasi, menipis, dan menjadi "seperti perkamen";
  • Kerutan: pada awalnya dangkal dan hampir tidak terlihat, dan kemudian ekspresi wajah yang lebih jelas dan yang paling tidak menyenangkan;
  • Penurunan kekencangan dan elastisitas: fitur wajah tampak lancip atau kendur;
  • Kebodohan: bahkan dengan perawatan yang tepat, selama bertahun-tahun wajah kehilangan kesegaran dan terlihat lelah;
  • Titik gelap, yang kemunculannya merupakan "peringatan" terakhir bahwa kita perlu segera memikirkan cara memerangi penuaan kulit yang cepat.

Tanda-tanda awal penuaan kulit wajah tidak muncul pada usia 30-35 tahun seperti yang diperkirakan kebanyakan orang. Kerutan dangkal di dekat mata dan dahi mulai terbentuk pada usia 17-20 tahun, dan seluruh siklus perkembangannya berlangsung hingga 7-10 tahun!

Perubahan kulit seiring bertambahnya usia

Tanda-tanda eksternal dari perubahan terkait usia disebabkan oleh proses internal yang alami. Seiring waktu di kulit:

  • kadar air menurun, yang menyebabkan penurunan elastisitas;
  • lebih sedikit serat kolagen dan elastin yang terbentuk, yang membentuk "kerangka" kulit elastis dan mencegah semakin dalamnya kerutan;
  • pembaruan lapisan permukaan memburuk, menyebabkan kulit menjadi kusam dan pori-pori tampak membesar;
  • Terjadi "pengelompokan" sel pigmen (melanosit), yang menyebabkan gangguan pigmentasi.

Empat jenis penuaan kulit wajah

Salah besar jika berasumsi bahwa kulit yang menua selalu terlihat sama! Dermatologis dan ahli kosmetik membedakan empat jenis utama penuaan kulit:

  • Lelah: dengan pembengkakan, rasa pucat, lipatan nasolabial yang menonjol dan sudut mulut yang terkulai;
  • Berkerut: dengan meningkatnya kekeringan, "kaki gagak", kelopak mata berkerut, bibir atas dan dagu "bergelombang";
  • Cacat: dengan wajah lonjong atau "bengkak", dagu berlipat, pipi "bulldog", lemak berlebih di area kelopak mata;
  • Penuaan gabungan: dengan tingkat keparahan manifestasi yang kira-kira seragam dari tiga jenis sebelumnya.

Meskipun tanda-tanda ini akhirnya muncul setelah 35-40 tahun, dengan mempertimbangkan kriteria tertentu kita dapat berasumsi jenis penuaan apa yang akan terjadi. Oleh karena itu, wanita dengan kulit kering lebih mungkin mengalami kerutan yang parah, dan bagi mereka yang memiliki lapisan lemak subkutan yang sudah berkembang, penting untuk berhati-hati terlebih dahulu agar wajah mereka tidak "kendur". Jika Anda memiliki kulit kombinasi, penuaan kemungkinan besar akan mengikuti tipe "lelah".

cara menjaga kulit wajah tetap awet muda

Pola minum yang tepat, makanan sehat, tidur yang cukup, berhenti merokok dan penyalahgunaan alkohol, berjalan di udara segar, olahraga, kecepatan hidup yang terukur dan penggunaan kosmetik berkualitas tinggi niscaya akan memperlambat penuaan kulit wajah wanita mana pun.

Seberapa efektifkah kosmetik anti penuaan?

Terlepas dari kenyataan bahwa perusahaan tata rias terkemuka memiliki laboratorium dan bahkan lembaga kecantikan sendiri, sayangnya, efektivitas produk anti-penuaan inovatif yang mahal sangat dilebih-lebihkan. Hampir semua krim, minyak, masker, serum, dan produk anti penuaan lainnya saat merawat kulit wajah tetap berada di permukaannya tanpa menembus lapisan yang lebih dalam, tempat terjadinya perubahan utama "berkaitan dengan usia"!

Tentu saja, untuk kulit dewasa, lapisan pelindung dengan filter UV berguna, yang mencegah penguapan kelembapan dan menetralkan efek negatif sinar matahari. Namun, hal ini sama sekali tidak mempengaruhi pemulihan kerangka serat elastis! Selain itu, dalam banyak kasus, informasi tentang kandungan kolagen dalam suatu krim ternyata hanyalah taktik periklanan yang dangkal, karena menurut ilmuwan Inggris, protein bermolekul tinggi ini tidak mampu menembus penghalang kulit.

Pada saat yang sama, kontak tepat waktu dengan spesialis di bidang tata rias estetika memungkinkan Anda mencapai "peremajaan" radikal tanpa operasi plastik. Dan sekarang kami mengundang Anda untuk mengenal prosedur pemulihan "awal" yang paling efektif.

Metode nomor 1. Melembabkan

Indikasi: Kulit lelah dan kombinasi penuaan, meskipun sebagai metode pelengkap, pelembab juga efektif untuk mengatasi kerutan.

Solusi profesional terbaik: Biorevitalisasi dengan asam hialuronat.

Poin aplikasi: Lapisan dalam kulit. Karena kandungan asam hialuronat menurun seiring bertambahnya usia, injeksinya memungkinkan Anda memenuhi kulit dengan kelembapan dan merangsang produksi asam hialuronat, serat kolagen, dan elastin Anda sendiri.

hasil: Wajah tampak lebih kencang dan segar, warnanya merata, dan tingkat keparahan bintik-bintik penuaan berkurang secara nyata.

Metode nomor 2. Melawan kerutan

Indikasi: Kulit keriput.

Solusi profesional No. 1: Operasi plastik kontur injeksi.

Poin aplikasi: Lapisan kulit tengah dan dalam. Pengisi biokompatibel khusus disuntikkan dengan jarum tipis langsung di bawah lipatan (kerutan) atau ke dalam otot di bawah area masalah untuk menghasilkan volume yang diperlukan.

hasil: Karena volume tambahan, kerutan menjadi halus dan tidak terlalu terlihat.

Solusi profesional No. 2: Laser pecahan

Poin aplikasi: Lapisan dalam kulit. Sinar sinar laser yang terdistribusi menembus kedalaman 0, 4. . . 1, 4 mm, merangsang produksi serat kolagen dan elastin.

hasil: Memulihkan kerangka serat Anda sendiri mengurangi keparahan kerutan sedang dan dalam, dan membuat kerutan dangkal hampir tidak terlihat. Efek tambahan dari termolisis fraksional adalah hilangnya atau keringanan bintik-bintik penuaan secara signifikan dan pengetatan kontur wajah.

Solusi profesional No. 3: Suntikan Botox atau Dysport.

Poin aplikasi: Otot wajah. Tindakan toksin botulinum, bahan utama obat ini, menyebabkan relaksasi otot-otot wajah dan, karenanya, menghaluskan kerutan.

hasil: Mengurangi jumlah dan tingkat keparahan kerutan yang terlihat, terutama seiring bertambahnya usia kulit di sekitar mata.

Metode No. 3. Mengembalikan kontur wajah

Indikasi: Penuaan dengan kulit kendur.

Solusi profesional: Pengangkatan benang (thread lift).

Poin aplikasi: Lapisan dalam kulit. Pengenalan benang terbaik memberikan pengencangan dan dukungan pada area yang bermasalah (mata, alis, pipi, dagu, leher, dll. ). Keuntungan lain dari prosedur ini adalah stimulasi produksi kolagen Anda sendiri, yang membuat kerangka yang dihasilkan lebih tahan lama.

hasil: Pengencangan yang nyata pada area yang kendur, peningkatan kontur.

Metode nomor 4. "Pembaruan" kulit

Indikasi: Gabungan penuaan.

Solusi profesional: Peeling: laser dan kimia.

Poin aplikasi: Lapisan epidermis superfisial, tengah dan dalam. "Penguapan" epitel keratin di bawah pengaruh sinar laser atau pengangkatannya menggunakan asam organik merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan pemulihan serat kolagen.

hasil: Penggunaan peeling untuk kulit yang menua menghasilkan efek peremajaan yang nyata: wajah tampak lebih segar, dan seiring waktu, seiring dengan penguatan kerangka kolagen, kerutan menjadi halus dan kontur menjadi kencang.

Terakhir, perlu dicatat bahwa cara terbaik untuk menghilangkan kerutan dan mencegah penuaan kulit lebih lanjut akan dipilihkan untuk Anda oleh seorang spesialis di bidang tata rias estetika, dengan mempertimbangkan jenis penuaan dan karakteristik individu Anda.