Herbal apa yang baik untuk wajah. Herbal untuk peremajaan kulit wajah dan kerutan di sekitar mata

peremajaan kulit wajah

Alam kaya akan herbal yang mampu mengembalikan elastisitas kulit dan menjadikan wajah lebih awet muda. Obat herbal berikut ini memiliki khasiat anti penuaan:

  • lidah buaya – melembabkan, meningkatkan regenerasi sel;
  • calendula (marigold) – memiliki efek antibakteri, menenangkan, menghaluskan kerutan, memberikan hidrasi;
  • lavender – meredakan iritasi, mengembalikan kesehatan kulit;
  • coltsfoot – meratakan kerutan dan membuat kulit terasa lembut;
  • jelatang – mengembalikan elastisitas, mempercepat metabolisme di lapisan kulit;
  • peterseli – memberi nutrisi, melembabkan, melawan kerutan dan mencerahkan kulit;
  • peppermint – memiliki efek tonik dan menyegarkan;
  • dandelion – mencerahkan area berpigmen;
  • kamomil – meningkatkan regenerasi sel, menghambat proses penuaan, mencegah munculnya kerutan terkait usia dan wajah;
  • rosemary – mengencangkan dan menghaluskan kulit;
  • ekor kuda – mencegah kendur, membantu mengatasi masalah kulit berminyak;
  • thyme (thyme) – melembabkan kulit yang rentan kering, melawan pembentukan kerutan;
  • Salvia officinalis – memiliki efek mengangkat yang nyata;
  • Berry Rowan – memiliki sifat antioksidan lemah, membersihkan pori-pori dan menghaluskan kulit.

Tergantung pada komposisi, kualitas dan karakteristik tanaman obat, dapat digunakan dalam bentuk infus, larutan kompres, atau komponen masker kosmetik. Es kosmetik yang terbuat dari ramuan herbal efektif melawan kerutan.

Herbal yang memberikan perawatan

Untuk prosedur kosmetik, bahan baku herbal dipilih dengan mempertimbangkan jenis kulit dan kebutuhannya:

  • Bagi mereka yang memiliki kulit berminyak, para ahli merekomendasikan penggunaan wormwood, St. John's wort, burdock, nettle, sage, coltsfoot, butterbur, dan string.
  • Kulit kering akan mendapat manfaat dari penggunaan dill (tanaman dan biji-bijian), peterseli, dandelion, yarrow, thyme, buah rowan, rosemary, lemon balm atau mint, lavender, calendula (marigold), kamomil, kelopak mawar, dan hop cone.
  • Kulit bermasalah memerlukan perawatan khusus. Anda bisa melengkapinya dengan bantuan celandine, aloe, verbena (rumput merpati), calendula, immortelle, peppermint, dan ekor kuda.

Tanaman ini digunakan baik secara tunggal maupun sebagai bagian dari produk multikomponen. Mereka cocok dengan bahan lain, tetapi memerlukan kepatuhan terhadap proporsi dan aturan penggunaan.

Ada berbagai cara untuk menggunakan bahan baku nabati dalam tata rias rumah. Dapat digunakan baik segar maupun kering.

Peremajaan kulit bermasalah

Masker dibuat berdasarkan kamomil farmasi. Warna kamomil merupakan salah satu obat yang paling populer dalam pengobatan herbal. Dengan lembut merawat kulit wajah, menghaluskan kerutan, dan memberikan nutrisi dan hidrasi yang diperlukan. Sifat anti inflamasi pada kamomil akan berguna untuk merawat kulit bermasalah.
Untuk menyiapkan masker, Anda membutuhkan: satu sendok makan kefir atau susu asam, jumlah kamomil yang sama, satu butir telur ayam.

Kocok semua bahan menjadi satu dalam blender. Oleskan masker yang sudah jadi ke kulit selama dua puluh menit.

Produk ini direkomendasikan untuk digunakan tidak hanya pada wajah, tapi juga pada leher.

Menghaluskan kerutan di bawah mata dan keriput

Masker yang terbuat dari campuran herba kering yang dihaluskan: mint, pisang raja, kamomil akan membantu menghaluskan kerutan di sudut mata dan kelopak mata bagian bawah.

Satu sendok pencuci mulut setiap bahan digabungkan dalam satu wadah dan dituangkan dengan segelas (200 ml) air mendidih. Setelah itu, produk direbus selama 10-15 menit dengan api kecil. Cairannya ditiriskan dan disisihkan, dan satu sendok teh pati ditambahkan ke dalam bumbu dan diaduk rata.

Waktu pemaparan masker adalah 20 menit. Setelah itu, basuh wajah dengan kaldu atau air.

Pemulihan penuaan dan penuaan kulit

Mengembalikan elastisitas kulit dewasa dan menghaluskan kerutan halus dapat dilakukan dengan menggunakan produk secara sistematis yang terbuat dari daun sage, bunga kamomil, St. John's wort, dan bunga linden. Bahan bakunya diambil kering dalam jumlah yang sama, misalnya satu sendok teh atau sendok pencuci mulut.

Dengan menggunakan penggiling kopi atau blender, haluskan herba hingga menjadi tepung, tambahkan air mendidih dan aduk. Setelah itu, tambahkan satu sendok makan krim asam atau krim kental buatan sendiri, satu sendok teh minyak sayur apa pun.

Oleskan produk ke wajah selama 20 menit.

Mencerahkan kulit dewasa

Seiring bertambahnya usia, banyak wanita yang menderita munculnya bintik-bintik penuaan. Masker yang terbuat dari jelatang sangat cocok untuk mengatasi cacat kosmetik ini.
Itu dibuat dari satu sendok makan jelatang kering cincang, setengah sendok makan jus lemon, dan satu sendok makan krim.

Jelatang dicampur dengan jus, lalu ditambahkan jus. Bahan-bahannya harus tercampur rata dan didiamkan selama 15 menit. Setelah itu, produk dioleskan ke wajah dalam beberapa lapisan dengan kuas kosmetik. Waktu pemaparan masker tidak lebih dari 15 menit.

Prosedur tersebut dapat dilakukan pada kulit yang teriritasi dan cenderung sering kering.

Masker perawatan herbal

Masker yang terbuat dari daun mint kering, kamomil, dan pisang raja merawat kulit dengan baik. Bahan baku dicampur dalam bagian yang sama, dihancurkan, dituangkan dengan air dan direbus selama 10 menit dengan api kecil. Kaldunya disaring dan daun tehnya dibuang. Tambahkan sedikit tepung kentang ke dalam kaldu. Simpan produk selama 20 menit.

Rebusan calendula untuk peremajaan

Obat anti kerut dari calendula

Bunga calendula sering digunakan dalam pengobatan alternatif dan resep tata rias. Tuangkan satu sendok makan bunga calendula ke dalam segelas (200 ml) air mendidih dan biarkan setidaknya selama setengah jam.

Serbet kasa berlapis-lapis dibasahi dalam kaldu, diperas ringan dan dioleskan ke wajah. Simpan kompres hingga serbet hampir kering. Setelah melepas masker, bilas wajah Anda dengan air hangat.

Jarum, daun birch, dan kamomil

Giling satu sendok teh bunga kamomil, satu sendok teh jarum pinus, satu sendok makan daun birch segar dalam blender, tambahkan sedikit air matang dan aduk hingga menjadi pasta. Giling kuning telur ayam dengan satu sendok makan keju cottage buatan sendiri dan kombinasikan dengan bubur herbal.

Aduk campuran hingga merata dan distribusikan pada wajah. Biarkan selama 25 menit, lalu bilas dengan air.

Herbal untuk kulit kering

Tuangkan satu sendok teh kelopak mawar segar, daun mint segar, bunga kamomil, dan jelatang segar dalam jumlah yang sama ke dalam setengah gelas (100 ml) air mendidih. Rebus selama lima menit. Setelah kaldu agak dingin, saring. Giling ampasnya, kombinasikan dengan satu sendok teh keju cottage buatan sendiri dan sedikit susu (untuk konsistensi). Hasilnya harus berupa massa kental. Ini diterapkan pada wajah dan dicuci dengan air hangat setelah 20 menit.

Peremajaan berbahan dasar pisang raja

Sebaiknya masker ini dilakukan setelah mandi atau sauna, saat wajah sudah dikukus dengan baik dan pori-pori terbuka. Maskernya mengandung oatmeal yang memberikan efek positif pada kulit dewasa dan lelah.

Dua sendok makan tepung terigu, digiling dari oatmeal, dua sendok makan minyak zaitun, satu sendok makan daun pisang raja yang dihancurkan dicampur dan digiling hingga menjadi lembek. Simpan masker di kulit hingga setengah jam. Digunakan tidak hanya pada wajah, tetapi juga pada area leher dan décolleté.

Losion kamomil

Phyto-lotion dibuat dari bunga kamomil. Satu sendok makan bahan mentah dituangkan ke dalam segelas anggur putih kering yang enak. Infus selama dua minggu di tempat yang terlindung dari sinar matahari.

Usap kulit dua kali sehari dengan lotion yang disiapkan sendiri, setelah itu Anda harus mengoleskan krim bergizi.

losion jeruk nipis

Infus yang disiapkan menurut resep ini tidak mengandung alkohol. Ini digunakan ketika perubahan terkait usia pertama kali muncul.

Siapkan produk dari dua sendok makan bunga linden dan 250 ml air mendidih. Linden diisi dengan air dan dibiarkan selama setengah jam. Setelah itu, saring. Gunakan losion dua kali sehari.

Es kosmetik dibuat dengan membekukan infus herbal yang didinginkan. Ini berfungsi sebagai cara yang sangat baik untuk mencegah munculnya tanda-tanda awal penuaan. Jika digunakan secara teratur, es membantu menjaga kulit tetap segar dalam waktu lama.

Mandi uap

Prosedur ini membantu membersihkan wajah, sehingga dilakukan sebelum mengaplikasikan masker.

Uap yang keluar dari ramuan herbal membuka dan membersihkan pori-pori, dan minyak esensial yang diekstraksi dari ramuan obat memberi nutrisi pada kulit dan memberikan perlindungannya.
Selain itu, mandi uap berfungsi sebagai aromaterapi, membantu mengatasi stres dan menghilangkan rasa lelah.

Jamu adalah obat tradisional populer yang membantu mengatasi banyak masalah, termasuk masalah kosmetik. Dengan bantuan bahan baku herbal, Anda dapat meremajakan kulit secara signifikan dan memperbaiki penampilannya. Selain itu, semua kosmetik herbal harganya terjangkau dan mudah digunakan.

Herbal untuk meremajakan kulit wajah dan kerutan di sekitar mata - resep yang diciptakan oleh alam!

Menurut statistik, jumlah unsur kimia berbahaya dari kosmetik yang digunakan wanita setiap hari mencapai 168. Unsur tersebut menurunkan kekebalan dan melemahkan sistem endokrin tubuh. Namun, ada solusi untuk situasi ini - herbal untuk peremajaan kulit wajah. Jika Anda mengikuti anjuran pengumpulan, penyimpanan, dan penyiapan kosmetik herbal, jumlah ini dapat dikurangi secara signifikan, sekaligus menyembuhkan dan meremajakan epidermis dan tubuh secara keseluruhan.

Efek penyembuhan herbal

Kosmetik herbal mengandung sebagian besar mineral, asam organik, dan elemen lain yang diperlukan untuk berfungsinya jaringan epitel secara penuh.

Ahli kosmetik membagi herbal menjadi beberapa kelompok berdasarkan jenis dan masalah kulit. Pengobatan tradisional mengenal lebih dari 2 ribu jenis tanaman obat, 20 nama digunakan dalam kosmetik obat rumahan, di antaranya:

  • jelatang, pisang raja, mint lebih cocok untuk kulit berminyak;
  • thyme, oregano, calendula paling baik digunakan oleh wanita dengan tipe permukaan kering;
  • peterseli, dandelion, celandine memiliki khasiat memutihkan;
  • Kulit kayu ek, kamomil, calendula atau tali akan membantu menenangkan dan meredakan peradangan;
  • rosemary dan sage akan menghilangkan kerutan di sekitar mata, mulut, dan lipatan di dahi;
  • linden, St. John's wort membantu mempersempit pori-pori, mengencangkan epidermis, menghilangkan kilau berminyak;
  • Ulasan rumput laut untuk peremajaan wajah - rumput laut - memuji efek uniknya pada kulit.
kosmetik obat untuk peremajaan

Keunggulan kosmetik obat

Kontribusi tumbuhan terhadap peremajaan kulit sangatlah besar. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini:

  • komponen alami dan ramah lingkungan;
  • efek mendalam dari masker, ramuan;
  • kekayaan dan keragaman tanaman memungkinkan Anda memilih resep yang tepat untuk jenis apa pun;
  • memperlambat penuaan, melembabkan secara intensif, memberikan elastisitas, warna yang sehat, tanpa mengkhawatirkan kesehatan tubuh, menghindari iritasi dan peradangan;
  • jamu diserap oleh sel 100%, tidak seperti kosmetik dengan komponen kimia.

Kapan menggunakan dan kontraindikasi

Herbal dapat digunakan untuk mengatasi kekurangan:

  • peradangan, jerawat;
  • beberapa bintik penuaan;
  • pembentukan kerutan baru;
  • kekeringan berlebihan, pengelupasan kulit
  • reaksi alergi, gatal, kemerahan;
  • bengkak, kebiruan di area mata;
  • kilau berminyak, warna epidermis kusam.

Ada beberapa kontraindikasi penggunaan kosmetik herbal:

  • alergi individu terhadap produk;
  • penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah, onkologi;
  • kondisi pasca operasi (adanya luka baru).

Resep yang akan mengembalikan keremajaan dan kecantikan wajah Anda

Tonik berbahan dasar bunga linden akan membantu membersihkan dan mengisi kembali keseimbangan air sel. Kamu membutuhkan 2 sdm. tuangkan 250 ml air mendidih ke atas bunga, tutup wadah, dan saring setelah setengah jam. Usap kulit di pagi dan sore hari.

Gunakan 1 sdt khusus untuk membersihkan kulit berminyak. ramuan kompleks (bunga calendula, bunga jagung, ungu) dan 1 sdm. kamomil, yang dituangkan dengan air mendidih (0, 5 l). Keesokan harinya, bersihkan area yang bermasalah dengan ramuan tersebut. Produk ini akan menghilangkan kotoran dan menyegarkan kulit.

Masker berbahan jus lidah buaya dan oatmeal akan membantu menghilangkan kerutan di sekitar mata. Campur bahan dengan perbandingan 2: 1 dan oleskan campuran tipis-tipis selama 10 menit. Hapus residu dengan kapas.

Versi lain dari masker peremajaan yang terbukti dibuat dari pasta daun jelatang, St. John's wort, blackcurrant, buah rowan, dituangkan dengan air mendidih dengan kecepatan 2-3 sdm. koleksi per 0, 5 liter cairan. Biarkan produk selama kurang lebih 3 jam, hancurkan hingga konsistensi homogen (jika memungkinkan), lalu distribusikan campuran tersebut ke kulit yang telah dibersihkan. Setelah setengah jam, bersihkan sisa-sisanya.

Masker peppermint dan teh hijau (1 sendok makan setiap komponen) akan membantu mengembalikan kesehatan kilau dan elastisitas epidermis. Tuangkan air mendidih ke atas adonan sebentar. Kemudian tiriskan airnya (bisa digunakan sebagai tonik atau bahan dasar es), dan letakkan herba itu sendiri di permukaan. Setelah 15 menit, keluarkan ampasnya.

Jika Anda masih belum percaya dengan khasiat herbal yang meremajakan, kami sarankan membaca artikel kami tentang produk farmasi untuk wajah, mungkin cara pengobatan tradisional lebih cocok untuk Anda.

resep buatan sendiri untuk peremajaan

Hal ini perlu Anda ketahui saat melakukan peremajaan dengan herbal!

  • Beberapa tumbuhan bersifat alergen. Sebelum menggunakan suatu produk kosmetik, lakukan uji coba.
  • Untuk keperluan kosmetik, gunakan tanaman yang dibeli di apotek (kualitas terjamin) atau dikumpulkan di tempat yang terbukti ramah lingkungan.
  • Pelajari fitur dan sifat masing-masing komponen; mereka harus ditujukan untuk memecahkan masalah, sesuai dengan jenis permukaannya.
  • Siapkan rebusan untuk penggunaan maksimal 3 hari, simpan campuran lembek tidak lebih dari 2 hari.
  • Untuk mendapatkan efek yang lebih besar, jangan lupa untuk memasukkan makanan anti penuaan dalam menu harian Anda, melakukan pijatan, dan senam wajah.
  • Mencuci dengan rebusan setelah pijatan wajah yang energik membantu dengan cepat menjenuhkan sel dengan nutrisi dan mengaktifkan proses, termasuk produksi serat kolagen dan elastin.
  • Es herbal kosmetik efektif melembabkan dan memberi nutrisi pada sel epitel. Cari tahu lebih lanjut tentang membuat resep es ajaib di sini.

Resep herbal anti kerut

Kerutan dan kelainan kulit lainnya muncul akibat pengaruh banyak faktor, termasuk faktor psikologis - stres, kecemasan, depresi.

Masalah lingkungan juga penting - suasana kota-kota besar yang kotor, perubahan iklim, perubahan kelembaban dan suhu udara yang tiba-tiba.

Seringkali kulit menua sebelum waktunya karena kosmetik dekoratif yang dipilih secara tidak tepat atau berkualitas rendah atau ekspresi wajah yang terlalu aktif.

Secara umum, ada banyak alasan, tetapi hasilnya jelas, dan kekurangan tersebut dapat dan harus diatasi di rumah.

Ekstrak herbal sangat banyak digunakan dalam kosmetik. Dan mereka bahkan lebih bermanfaat dalam bentuknya yang murni.

Herbal memberikan perawatan terbaik untuk kecantikan, keremajaan dan kesehatan kulit, dan kami akan dengan senang hati menggunakannya.

Herbal untuk wajah melawan kerutan - manfaatnya

Ada banyak herbal yang membantu mengembalikan turgor kulit dan membuatnya lebih muda. Namun untuk mendapatkan efek peremajaan yang diinginkan, sebaiknya gunakan tanaman obat berikut ini:

  • Aloe - melembabkan dan meremajakan kulit
  • Calendula - melembabkan, mendisinfeksi, menenangkan dan menghaluskan kerutan
  • Jelatang - membantu mempercepat proses metabolisme pada jaringan dan mengembalikan elastisitas kulit
  • Lavender - menyegarkan, menenangkan dan mengembalikan warna kulit
  • Coltsfoot - menghaluskan, melembabkan dan membuat kulit terasa lembut saat disentuh
  • Peterseli - menghaluskan kerutan, melembabkan, menutrisi dan memutihkan kulit, menjadikannya awet muda dan bugar
  • Mint - menyegarkan dan mengencangkan kulit yang menua
  • Dandelion - membantu menghilangkan pigmentasi
  • Rosemary - memiliki khasiat menghaluskan, mengencangkan dan meremajakan kulit dengan baik
  • Chamomile - memulihkan kulit, menghentikan layu, mencegah pembentukan kerutan
  • Rowan - membersihkan kulit, menghaluskan kerutan dan berperan sebagai antioksidan ringan
  • Thyme - efektif melembabkan kulit kering, sehingga mencegah terbentuknya kerutan
  • Sage - digunakan sebagai obat pengangkat alami
  • Ekor kuda - menghilangkan kulit kendur, membantu kulit wajah berminyak dan bermasalah

Di atas kami telah menjelaskan sejumlah kecil herbal yang dapat digunakan dalam tata rias rumah untuk melawan penuaan kulit. Tergantung pada khasiat ramuannya, dapat digunakan dalam bentuk masker, infus atau kompres. Menggosok wajah dengan es kosmetik berbahan dasar ramuan herbal membantu menghilangkan kerutan dengan sempurna.

Resep masker anti kerut

Anda bisa menghilangkan kerutan dengan menggunakan masker wajah yang terbuat dari tanaman obat. Gunakan herba segar dan kering.

Masker anti kerut di bawah mata

Masker herbal berbahan pisang raja kering, mint, dan bunga kamomil akan membantu menghilangkan kerutan di bawah mata. Potong dan campur herba, ambil 1 sendok makan sekaligus, tuangkan segelas air mendidih ke atasnya dan masak dengan api kecil selama 10-15 menit. Kemudian saring airnya, tambahkan 1 sendok teh tepung kentang ke dalam ampas herbal dan aduk rata. Sebelum mengoleskan masker ke wajah, lumasi terlebih dahulu dengan krim bergizi. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersuhu ruangan.

Masker untuk kulit memudar dan menua

Masker yang terbuat dari daun sage, St. John's wort, kamomil dan linden membantu menghilangkan kerutan akibat penuaan dan penuaan kulit. Ukur bahan kering dalam proporsi yang sama - satu sendok teh sekaligus. Giling hingga menjadi tepung menggunakan penggiling kopi. Tuangkan air mendidih di atasnya. Kemudian tambahkan satu sendok makan krim asam dan satu sendok teh minyak sayur. Oleskan masker dan bilas dengan air pada suhu kamar setelah 20 menit.

Mint, pisang raja, kamomil

Masker yang terbuat dari herba kering mint, pisang raja, dan bunga kamomil sangat membantu. Mereka harus dicampur dalam bagian yang sama, dihancurkan, dan direbus selama sepuluh menit dengan api kecil. Kemudian saring semuanya dan tambahkan tepung kentang ke dalam air. Sebelum mengoleskan masker ini ke wajah Anda, Anda perlu melumasinya dengan krim bergizi. Biarkan masker selama dua puluh menit.

Masker calendula

Anda bisa menghilangkan kerutan di wajah menggunakan calendula officinalis: tuangkan 1 sendok makan ramuan ini ke dalam 1 gelas air mendidih dan biarkan diseduh selama 30 menit. Rendam kain kasa dalam infus yang dihasilkan dan oleskan ke wajah Anda. Saat serbet mulai mengering, keluarkan dan cuci dengan air hangat.

Resep tradisional lainnya untuk masker yang menutrisi dan menghaluskan kulit yang menua

Cincang halus dan campurkan satu sendok teh bunga obat kamomil, satu sendok makan daun birch segar, satu sendok teh jarum pinus. Tuangkan air matang di atas massa yang dihancurkan untuk membentuk pasta. Tambahkan satu kuning telur dan satu sendok makan keju cottage. Hancurkan semua bahan dan oleskan pada kulit wajah selama 25 menit. Bilas dengan air hangat.

Masker untuk perawatan kulit kering

Ambil masing-masing 1 sendok teh kelopak mawar segar, daun mint segar, bunga kamomil kering, dan daun jelatang segar. Tuang semuanya dengan setengah gelas air mendidih, rebus selama 5 menit dan saring.

Campur bubur herbal dengan 1 sendok teh keju cottage, dan tambahkan sedikit susu hangat untuk mendapatkan massa yang kental seperti krim asam.

Oleskan pada kulit wajah dan setelah 20 menit, bilas dengan air hangat.

Resep tradisional untuk lotion herbal melawan kerutan

Tuang 1 sendok makan bunga kamomil kering ke dalam 1 gelas anggur putih kering dan biarkan diseduh selama 2 minggu. Usap kulit yang menua dengan lotion ini pada pagi dan sore hari, setelah dilap, oleskan krim bergizi pada wajah Anda.

Herbal telah lama dianggap sebagai obat tradisional yang efektif melawan keriput. Penting untuk menggunakan resep ini tidak sesekali, tetapi terus-menerus atau berulang-ulang, dan resep sederhana namun sangat efektif akan membantu Anda menghaluskan perubahan terkait usia dan kerutan dalam tidak akan muncul untuk waktu yang lama.